Koperasi Adalah

Koperasi Bersama
Koperasi adalah sebuah bentuk organisasi ekonomi yang didirikan oleh sekelompok orang dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan bersama

Koperasi berbeda dengan bisnis konvensional karena dikelola secara demokratis oleh anggotanya, di mana setiap anggota memiliki hak suara yang sama dalam pengambilan keputusan. Prinsip utama koperasi adalah “satu anggota, satu suara”, yang mengutamakan partisipasi aktif dan kepentingan kolektif anggota daripada mencari keuntungan maksimal.

Istilah Koperasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu “cooperation” yang artinya kerjasama. Keanggotaan koperasi bersifat terbuka dan dikelola secara demokratis, selain itu keterlibatan anggota dalam menjalankan usaha koperasi sangatlah penting, dan hasil dari kegiatan usaha atau yang biasa di sebut sebagai Sisa Hasil Usaha (SHU) dibagikan kepada anggota berdasarkan besar kecilnya jasa anggota dalam penyelenggaraan kegiatan usaha koperasi. 

Koperasi dapat beroperasi dalam berbagai sektor, termasuk pertanian, perikanan, perumahan, keuangan, konsumen, pendidikan, dan banyak lagi. Tujuan koperasi adalah meningkatkan kesejahteraan anggotanya melalui kerja sama, pengelolaan yang efisien, dan pemberdayaan ekonomi. Anggota koperasi biasanya berkontribusi dengan modal yang setara dan memiliki akses terhadap layanan dan manfaat yang ditawarkan oleh koperasi, seperti pemasaran bersama, pendidikan dan pelatihan, pengadaan bahan mentah, atau pembiayaan.

Keberlanjutan koperasi sangat bergantung pada partisipasi dan komitmen anggotanya. Koperasi mempromosikan nilai-nilai sosial, etika, solidaritas, dan tanggung jawab sosial. Dalam konteks ekonomi yang semakin global, koperasi juga dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan memperkuat perekonomian lokal. Melalui pendekatan yang inklusif dan kolaboratif, koperasi berperan dalam memajukan pembangunan berkelanjutan, menciptakan lapangan kerja, dan meningkatkan kualitas hidup anggotanya serta komunitas tempat koperasi tersebut beroperasi.